Cara Menata Ruangan Keluarga Berukuran Mungil

Ide Menata Ruang Keluarga Berukuran MungilKeterbatasan lahan menjadi tantangan bagi warga di perkotaan dalam mendesain rumah mungil agar terasa luas dan nyaman. Demikian juga halnya dengan mereka yang memilih tinggal di apartemen berukuran studio.

Salah satu ruangan yang penting di dalam rumah adalah ruang keluarga.  Ruangan ini dianggap sebagai pusat rumah karena menjadi tempat berkumpulnya seluruh anggota keluarga dan melakukan berbagai aktivitas.

Meski berukuran kecil, namun kita tetap bisa menata ruang keluarga agar bisa memenuhi berbagai fungsinya. Ardan Hanafi, Deputy Communication and Interior Design Manager IKEA, Ardan Hanafi, memberikan kiat yang bisa digunakan untuk menata ruangan keluarga yang mungil.

1. Multifungsi

Pilih perabotan rumah yang multifungsi. Ardan mencontohkan, sofa memang memiliki fungsi untuk duduk, namun perlu dipertimbangkan bahwa di era saat ini sofa di ruang keluarga juga memiliki fungsi lain, misalnya untuk tidur atau bermain.

Oleh karena itu, sebaiknya pilih sofa yang bisa sesuai untuk tidur. Selain itu meja di ruang keluarga juga pilih yang bisa berfungsi untuk menyimpan mainan anak.

“Jadi bukan hanya menjawab semua hal, tapi memudahkan kebutuhan tadi,” kata pria yang diakrab disapa Dana saat peluncuran Katalog IKEA 2018 di IKEA, Tangerang.

Desain ruang keluarga di IKEA, Alam Sutera, Tangerang/KAHFI DIRGA CAHYA Desain ruang keluarga di IKEA, Alam Sutera, Tangerang

2. Memanfaatkan ruang

Dana mengingatkan bahwa ada ragam sisi ruangan yang bisa digunakan dalam mendesain ruangan, seperti memanfaatkan sisi vertikal atau dinding untuk penyimpanan. Cara ini bisa meminimalisir keterbatasan sisi bawah atau lantai.

“Kadang orang suka enggak kepikiran, ‘Oh ya bisa simpan di situ’. Simpan barang enggak harus di lantai loh, dekat atap pun enggak apa-apa, asal masih bisa menjangkau,” kata Dana.

Desain ruang keluarga di IKEA, Alam Sutera, Tangerang/KAHFI DIRGA CAHYA Desain ruang keluarga di IKEA, Alam Sutera, Tangerang

3. Warna

Nah, untuk masalah warna, Dana mengingatkan bahwa ruangan kecil tak boleh memilih warna gelap. Warna tersebut harus terang karena akan menghidupkan ruangan.

“Bisa putih atau abu-abu untuk bisa terlihat lega, atau variasi warna terang lainnya,” kata dia.

Leave a Comment