Cara Mendesain Garasi Rumah

Garasi memang diperlukan untuk sebuah rumah, terutama bagi pemilik yang mempunyai kendaraan bermotor. Apalagi jika kendaraan yang dimiliki lebih dari satu unit. Selain itu, aturan pemerintah juga mengharuskan pemilik mobil menggunakan garasi sebagai tempat parkir kendaraannya. Jika tidak, mobil bisa saja diderek sewaktu-waktu. Selain garasi berfungsi sebagai tempat parkir kendaraan Anda, membuat desain garasi tidak boleh asal-asalan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain garasi rumah Anda agar pemanfaatannya maksimal. Berikut, tips cara mendesain garasi yang baik dan tepat untuk rumah Anda.

Luas lahan

Perhatikan luas lahan yang akan Anda gunakan untuk garasi kendaraan Anda. lahan yang luas sangat menentukan kenyamanan dari garasi itu sendiri. Perhatikan juga kendaraan yang Anda gunakan. Jika Anda memiliki motor dan mobil perhatikan ukuran kendaraan Anda. mobil kecil dapat menggunakan lahan sekitar 2×4 meter, sedangkan untuk mobil besar sekitar 3×6 meter. Usahakan agar garasi Anda tidak terllau pas dengan ukuran kendaraan Anda. hal ini tentu akan menyulitkan buat Anda jika ingin keluar dari dalam kendaraan.

Letak garasi

Selain menentukan luas lahan, tentukan letak garasi yang tepat. Garasi yang berada di depan akan sangat menentukan pemilihan model pintu garasi yang tepat dan cocok untuk diletakkan di depan rumah. Jika diletakkan di samping atau belakang rumah tentu Anda harus memperhatikan ventilasi udara yang tepat untuk diletakkan di garasi. Karena kurangnya sirkulasi udara akan mempengaruhi kinerja kendaraan Anda.

Pemilihan warna

Pemilihan warna garasi perlu disesuaikan dengan warna cat rumah minimalis Anda agar terlihat serasi dan menarik. Jika rumah Anda mengedepankan konsep minimalis dengan gaya monokrom, Anda bisa menggunakan warna cat dengan palete warna monokrom seperti putih, abu-abu dan sebagainya pada warna garasi Anda.

Tentukan material lantai

Lantai yang digunakan untuk garasi mobil Anda tentu berbeda dengan lantai rumah. Perhatikan beban kendaraan yang menjadi fokus utama dalam memilih material untuk lantai garasi. Selain itu, pilihlah material yang mudah dibersihkan karena bisa saja terjadi kemungkinan seperti lantai terkena tumpahan oli yang menyebabkan lantai cepat kotor. Gunakan material granit dengan pori-pori kecil agar tidak mudah menyerap dan mudah dibersihkan. Pilih juga lantai yang sedikit kasar untuk garasi Anda agar terhindar dari licin.

Gunakan tempat penyimpanan

Dalam garasi sebaiknya Anda meletakkan tempat penyimpanan untuk perlengkapan kebutuhan kendaraan Anda seperti pompa, lap kanebo, sabun cuci mobil, serta alat-alat perkakas rumah. Gunakan lemari penyimpanan dengan metode vertikal atau menggantung atau juga bisa gunakan kontainer atau toples berkaret tahan tikus dan dapat ditumpuk. Hal ini akan memudahkan Anda untuk menemukan apa yang Anda butuhkan di waktu genting.

Pemilihan atap garasi

Jika garasi mobil Anda berada di samping rumah, perhatikan pemilihan atap yang tepat untuk melindungi seluruh bodi mobil Anda. Dengan adanya atap akan memberikan perlindungan secara khusus pada cat dan bodi mobil Anda dari paparan sinar matahari dan hujan. Perhatikan ketinggian, panjang dan lebar mobil Anda agar kendaraan Anda terlindungi dengan maksimal.

Itulah beberapa tips cara mendesain garasi rumah yang harus Anda diperhatikan. Tips diatas sangat penting untuk kenyamanan Anda bahkan keamanan mobil dirumah Anda. Semoga bermanfaat!

Leave a Comment