Mengenal Jenis Oli di Mobil Toyota yang Wajib Anda Ketahui

Perawatan pada mobilĀ tentunya menjadi hal yang amat diharuskan. Dengan perawatan yang tepat, maka mobil pun akan terlihat bagus dan performanya juga bisa senantiasa maksimal selalu. Salah satu hal penting yang wajib untuk bisa diketahui oleh para pemilik mobil adalah dari segi pelumas mobil atau oli. Namun mungkin tak banyak yang tahu jika mobil punya berbagai jenis oli dengan fungsinya masing-masing.

Di sebuah mobil, jenis oli pun disesuaikan serta telah dikembangkan sesuai fungsi yang dibutuhkan. Oli dibagi menjadi 5 jenis, yakni:

  • Oli mesin

Yang pertama ini sudah pasti diketahui oleh semua pemilik mobil. Oli mesin sendiri dapat terbagi ke 3 jenis oli mulai dari oli mineral, full sintetik dan juga semi sintetik. Untuk oli mineral adalah jenis oli mesin yang dibuat dari minyak bumi. Sedangkan untuk oli sintetik full dibuat dari bahan oli sintetik murni yang sudah dikembangkan demi pemakaian yang lebih lama di mesin mobil. Untuk oli semi sintetik adalah oli yang merupakan gabungan dari oli jenis mineral dan jenis sintetik full. Dalam hal penggantian oli mesin, ukurannya adalah dari segi jarak tempuhnya yakni 7000 km hingga 10000 km.

  • Oli transmisi

Oli pun dipakai dalam transmisi kendaraan dimana sudah dikenal dengan dua jenis oli transmisi yakni jenis manual dan matik. Sesuai namanya, oli manual pun digunakan untuk kendaraan dengan transmisi manual, begitu juga jenis matik yang dipakai kendaraan matik. Untuk jenis oli transmisi manual ini maka butuh penggantian tiap 10000 km atau bisa juga tiap 6 bulan sekali. Sedangkan pada oli matik lebih awet yakni 20000 km.

  • Oli gardan

Oli gardan biasa diganti bersama dengan oli transmisi yakni setiap 10000 hingga 20000 km. Dalam hal kekentalannya, maka bisa disesuaikan dari produsen kendaraan.

  • Oli rem

Rem juga butuh oli. Dengan oli rem yang selalu diganti dengan baik, maka Anda akan selalu bisa mendapatkan performa maksimal pada mobil tersebut. Masa penggantiannya adalah sekitar tiap 25.000 km.

  • Oli power steering

Pada power steering, oli yang dipakai adalah sebagai pompa hidrolik yang menjadikan pengguna kendaraan bisa ringan dalam mengendalikan stir mobilnya. Untuk itu jenis oli ini juga penting adanya. Masa penggantian yang bagus adalah sekitar 25.000 km dan hampir sama dengan oli rem.

Itulah beberapa jenis oli yang ada di dalam mobil. Oli merupakan salah satu perawatan penting pada mobil. Oleh karena itu wajib sekali Anda menggantinya dengan rutin. Pastikan hanya servis di bengkel Toyota resmi sehingga bisa dimaksimalkan performanya. Tentunya servis ini juga butuh kedisiplinan Anda.

Leave a Comment